Lirik Lagu L'Arc en Ciel Album Dune & Terjemahan Bahasa Indonesia - LARUKUPEDIA

blog tentang lirik lagu L'Arc en ~ Ciel

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Monday, March 7, 2016

Lirik Lagu L'Arc en Ciel Album Dune & Terjemahan Bahasa Indonesia

 Lirik Lagu L'Arc en Ciel Album Dune & Terjemahan Bahasa Indonesia

Lirik lagu L'Arc en Ciel album DUNE yang dirilis pada 1993, memiliki keunikan tersendiri. Pasalnya, album DUNE yang menjadi album debut Laruku, sekaligus album indie satu-satunya band ini, dirilis dalam dua format. Ketika dikeluarkan pada 10 April 1993 dalam edisi terbatas (limited edition), hanya terdapat 9 tracks di album ini. Namun pada 27 April 1993, ketika edisi regular diterbitkan, terdapat 10 tracks dengan tambahan lagu Ushinawareta Nagame (失われた眺め)

Lirik lagu Laruku DUNE yang beberapa di antaranya berbau spiritual atau pencarian batin, seluruhnya dikerjakan oleh hyde. Namun lagu-lagu di album DUNE tidak sepenuhnya baru. Sebagai contoh, lagu Shutting from The Sky sebenarnya adalah remake ulang lagu Claustrophobia. Lagu ini aslinya diciptakan oleh Hiro, mantan gitaris Laruku yang mundur di tengah jalan. Demikian pula lagu Tsuioku no Jokei yang dahulunya bertitel Call to Mind, dan musiknya juga dibuat oleh Hiro. Sementara lagu 'Dune', awalnya berjudul Call to me.

Lirik L'Arc en Ciel DUNE hampir semuanya berjudul bahasa Inggris. Hanya ada dua yang memakai judul bahasa Jepang, yaitu 'Tsuioku no Jokei' yang bermakna 'Jalan Cerita tentang Kenangan', dan 'Ushinawareta Nagame' yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi, 'Pemandangan Yang Lenyap'. Sementara dalam musiknya, ken menggarap lima dari 10 tracks di album ini.

Sebagai band indie kala itu, Lirik Dune Laruku tergolong menarik disimak. Pasalnya, beberapa di antaranya cukup radikal mengkritik masyarakat atau pandangan tentang agama. Misalnya dalam lagu 'Dune' dan 'Be Destined'. Sementara, meskipun ada lagu cinta yang menyayat hati seperti 'As If In A Dream', ada pula lagu cinta yang upbeat dan liriknya agak menyeramkan, "Taste of Love'.

Album DUNE L'Arc en Ciel ini di kemudian hari dirilis ulang dalam format 10th anniversary edition, alias edisi 10 tahun pada 21 April 2004. Dalam edisi khusus tersebut, tiga tracks ditambahkan. Yaitu 'Flood of Tears' -single version, Yasuoka, dan Yokan. Ketiga lagu tersebut belum tercantum dalam album-album terdahulu milik Laruku.

Lirik-lirik lagu Laruku dalam Album Dune beserta terjemahannya dalam bahasa Indonesia, dapat diklik melalui tautan di bawah ini.

1.     "Shutting from the Sky"       hyde/L'Arc-en-Ciel     5:34
2.     "Voice"       hyde/ ken     4:53
3.     "Taste of Love"       hyde/ ken     5:00
4.     "Entichers"       hyde/ hyde     4:19
5.     "Floods of Tears"       hyde/ tetsu     6:12
6.     "Dune"       hyde/ tetsu     5:06
7.     "Be Destined"       hyde/ ken     4:25
8.     "Tsuioku no Joukei" (Jalan Cerita Kenangan)     hyde/ L'Arc-en-Ciel     6:18
9.     "As if in a Dream"       hyde/ ken     5:32
10.     "Ushinawareta Nagame" (Pemandangan Yang Lenyap)     hyde/ ken     3:38

Post Bottom Ad

Pages